Kelenjar Getah Bening

Lymph node atau kelenjar getah bening adalah penghalau yang kecil berbentuk kacang yang menjaga tubuh tetap sehat dengan menyaring atau menangkap bakteri, virus, sel kanker, dan subtansi beracun lainnya. Sekitar satu per tiga dari 500-600 kelenjar getah bening di tubuh terletak di leher bagian samping dan di tenggorokan. Yang lain ditemukan di pangkal paha, dada, perut dan ketiak.

Kelenjar getah bening merupakan sebuah jaringan berbentuk oval atau lonjong di dalam tubuh yang bertugas sebagai penghasil dan penyaring cairan yang disebut dengan getah bening (limfosit). Getah bening dalam tubuh manusia berfungsi sebagai untuk mengeluarkan sel-sel mati dan yang paling utama sebagai alat pertahanan terhadap infeksi. Getah bening juga berfungsi sebagai sistem peredaran getah bening yang secara keseluruhan mengatur kinerja sistem kekebalan tubuh.

Titik hitam merupakan lokasi kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening juga dapat mengalami suatu gangguan, infeksi atau lainnya yang mengakibatkan kelenjar getah bening di suatu area tubuh mengalami pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening pada suatu bagian tubuh yang terindikasi oleh adanya infeksi, virus, penyakit atau kanker yang berhubungan langsung dengan kelenjar getah bening.

Umumnya pembengkakan kelenjar getah bening ini berhubungan langsung dengan infeksi ringan yang terjadi oleh sistem kekebalan tubuh, misalnya demam atau infeksi pada gigi. Infeksi yang terjadi di gigi dapat mengakibatkan pembengkakan di sekitar leher.

Namun kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan biasanya akan hilang dengan sendirinya atau dengan pengobatan tertentu, kemudian pembengkakan dan pembesaran getah bening ini akan kembali ke ukuran normal.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Kelenjar Getah Bening and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *